OUR NETWORK

Turnamen Kemerdekaan – Satu Merah Putih

Peringatan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dirayakan oleh masyarakat dengan berbagai cara. Para pegolf juga tak ketinggalan untuk merayakannya. Asosisasi golf, Rejo Golf Association (Re’Gas) adalah salah satu komunitas golf yang turut merayakannya.

Komunitas golf yang satu ini memang masih baru. Tapi, seluruh pegolf yang ada di dalam komunitas ini merupakan para pecinta golf sejati. Digagas oleh Re’Gas, sebuah komunitas yang mulanya adalah Relawan Jokowi (ReJo) yang berdiri pada 2018. Sebagai rumah besar organisasi relawan yang dibentuk oleh beberapa aktivis organisasi, politisi, akademisi dan profesional memang awalnya adalah lembaga yang mendukung Presiden Joko Widodo untuk memenangkan kembali Pemilihan Presiden periode 2019-2024. Dan setelah, Ir. Joko Widodo berhasil memenangkan kembali pemilihan Presiden RI untuk ke dua kalinya, komunitas ini masih saling terkoneksi dan semakin akrab.

 

Untuk saling tetap menjaga tali silaturahmi tersebut, Re’Jo yang juga mengembangkan diri dalam kegiatan seni, sosial budaya dan olahraga kemudian berinisiatif untuk membuat turnamen golf. Diadakan sekaligus untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, dengan mengambil tema Satu Merah Putih Golf Tournament, acara golf bersama di salah satu lapangan terbaik di Sentul, Jawa Barat adalah menjadi turnamen perdana yang raih antusiasme sangat baik dari para peserta.

Di mulai sejak pagi, Palm Hill Golf Club  yang memiliki tantangan menarik serta di bawah cuaca yang cerah, turnamen golf dengan salah satu hadiah piala bergilir Jendral TNI (Purn) Dr. H Moeldoko, membuat turnamen ini semakin semarak. Di turnamen ini, Jendral TNI (Purn) Dr. H Moeldoko turut bermain hingga selesai.

153 peserta ikut berpartisipasi dalam turnamen ini. Tidak hanya sebagai bentuk syukuran dan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, turnamen perdana ini juga sebagai bentuk fund raising, dimana sebagian besar dana yang diperoleh dari turnamen ini didedikasikan untuk pembiayaan riset dan bea siswa kepada mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Selain itu turnamen ini juga dimaksudkan untuk berkontribusi dalam peningkatan prestasi olahraga golf. Pada kesempatan ini, pengumpulan dana yang digelar sepanjang turnamen berhasil mengumpulkan dana hingga 170juta.

 

Sebagai turnamen golf yang perdana, di luar dugaan gelaran Re’Gas ini raih kesuksesan. Kepada GolfMagz, Nizar Rahman, selaku ketua panitia mengatakan bahwa jumlah peserta yang ingin ikut pada turnamen ini sebenarnya lebih dari 200 peserta, namun karena beberapa hal harus kami batasi. Selain itu, di tahun mendatang Re’Gas juga akan lebih sering lagi mengadakan turnamen. Semoga setahun bisa dua kali. Ungkapnya. Sementara itu, disinggung tentang capaian fund raising, Nizar Rahman menegaskan bahwa dana tersebut murni akan dialokasikan untuk pengembangan Yayasan Re’Jo Institute.

 

Keberadaan Yayasan Re’Jo Institute sendiri adalah sebagai kelanjutan dalam memperjuangkan visi dan misi yang akan diimplementasikan dalam bentuk pendidikan dan penelitan yang secara khusus dalam bidang demokrasi dan harmonisasi di Indonesia.

Comments