OUR NETWORK

Bank BRI Indonesia Open 2019 – A Caddy Point of View: Jeev Milkha Singh

Tiga kali didampingi caddy yang sama di gelaran Indonesia Open, kejutan apa yang akan dihadirkan oleh Jeev Milkha Singh.

Turnamen ke 39 bertajuk Bank BRI Indonesia Open 2019 baru saja dimulai. Nama-nama pegolf yang sudah tak asing lagi kembali hadir di Pondok Indah Golf Course. Salah satunya adalah wakil dari India, Jeev Milkha Singh. Bagi Singh, turnamen Indonesia Open kali ini adalah turnamen keempat yang telah ia ikuti. Prestasi terbaiknya di Indonesia Open adalah pernah berada di podium runner-up pada turnamen serupa di 2016. Kala itu, cuaca buruk mengharuskanya meneruskan pertandingan di hari berikutnya. Pada turnamen tersebut Singh berada di grup terakhir bersama Gaganjeet Bhular yang akhirnya memenangi turnamen.

Kembalinya Singh ke Indonesia Open juga merupakan catatan yang menarik bagi Narti – caddy profesional yang tiap hari berada di Pondok Indah Golf Course. Dalam catatannya, Narti telah mendampingi Singh sebanyak tiga kali: 2017, 2018 dan 2019. Ada banyak cerita yang terjadi selama mendampangi pegolf murah senyum ini, ungkap Narti yang sering disapa Narita oleh Jeev Milka Singh.

“Sebelum turun lapangan, Singh selalu mengingatkan saya untuk membawa minuman yang banyak. Karena Singh pelupa, makanya, di setiap hole, saya harus mengingatkan dia untuk minum. Selain minuman, pisang harus selalu ada di golf bag” Ungkap Narti sembari menunjukkan golf bag milik Singh.

Pada hari pertama gelaran Bank BRI Indonesia Open 2019, Jeev Milkha Sign, tee off pukul 11.55 di tee 10. Sebelumnya, Narti yang telah siap di starter kepada GolfMagz mengatakan bahwa “Singh adalah pribadi yang baik. Sehabis turnamen, ia tak pernah absen untuk mengajak saya duduk dan mengevaluasi permainan. Beberapa hal yang kurang baik ia diskusikan bersama saya. Selain itu, ia juga sering meminta saya untuk lebih teliti melihat bola dan membantunya jika ada hal-hal yang membuatnya bingung. Secara umum, Jeev Milkha Singh adalah pegolf berhati besar, teliti dan royal” tutup Narti.

Jeev Milkha Singh adalah pegolf 50 tahun dengan gelar terbanyak dan paling global dari Asia yang pernah memenangkan gelar Asian Tour of Merit pada 2006 dan 2018. Singh juga pernah menduduki peringkat pertama Asian Tour serta telah memenangkan 14 gelar di seluruh dunia.

 

Foto oleh Yongki Hermawan

Comments