Piala Presiden ke-18: Bentuk Komitmen Pergola UI Untuk Dorong Prestasi Golf di Tanah Air

4 min read
Social Share

Persatuan Golf Alumni (Pergola) Universitas Indonesia kembali turun lapangan. Semakin meriah berkat berlimpahnya hadiah  dan dukungan dari para sponsor acara ini juga berhasil gelar donasi untuk program sosial.

Diadakan di Damai Indah Golf, PIK Course pada Sabtu, 13 Juli 2024, turnamen dalam memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI XVIII – Charity Golf Tournament kali ini benar-benar isitimewa. Dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara khidmat dan dilanjut dengan foto bersama, pembukaan turnamen juga berbeda dari biasanya yakni melakukan putting serentak bersama seluruh peserta.

Diikuti oleh 150 pegolf dari Alumni, Mahasiswa, Rektor, perwakilan universitas, hingga atlet, acara hasil rancang Pergola UI sukses digelar di Damai Indah Golf PIK Course, Sabtu 13 Juli 2024.

Menjadi tahun ke delapan belas, gelaran ini merupakan bentuk partisipasi aktif dan tanggung jawab sosial Pergola UI terhadap perkembangan golf di Indonesia. Selain itu, komunitas golf berbasis almamater, Pergola UI juga merupakan wadah bagi para pegolf alumni Universitas Indonesia untuk bersilaturahmi, berdiskusi serta kegiatan sosial lainnya.

Sejak 2003, Pergola UI mendapat kehomratan untuk menyelanggarakan turnamen golf memperebutkan Piala Bergilir Piala Presiden RI.  D tahun ini, event bergengsi ini telah memasuki tahun ke 18. Sementara itu, dari awal penyelenggaraan hingga 2023, Pergola UI telah berhasil menyerahkan dana bea siswa sekitar Rp2,25 Milyar kepada pihak Rektorat Universitas Indonesia.

Hadirnya para atlet di event ini juga dimanfaatkan para peserta untuk menimba ilmu dari para atlet golf. Terlihat atlet mahasiswa Universitas Indonesia, Fausta Bianda memberikan arahan kepada pegolf wanita.

Diikuti oleh 150 pegolf, Piala Presiden ke-18 Pergola UI benar-benar sajikan dinamika pertandingan yang tak biasa. Turut menghadirkan para atlet golf dari Universitas Indonesia, turnamen ini juga diikuti oleh perwakilan sponsor. Menariknya, hal ini dimanfaatkan oleh para peserta untuk mengenal golf lebih dalam serta menimba ilmu dari para atlet golf yang bermain bersama mereka. Selain sebagai lembaga institusi pendidikan terbaik, Universitas Indonesia juga memiliki talenta-talenta golf berbakat yang telah mengisi banyak bangku atlet di berbagai Pengprov seperti Nabil Almanaf dan Fausta Bianda.

“Melalui turnamen ini Pergola UI ingin membantu Universitas Indonesia menggalang dana yang akan digunakan untuk beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi tetapi kurang mampu secara ekonomi dan juga program Charity yang ada,” Ungkap Rizmansyah selaku Ketua Panitia Pergola UI Piala Presiden ke 18.

“Melalui dukungan terhadap Pergola UI selama ini, apa yang telah di diskontribusikan dan disuport kepada kami dapat kembali kepada mitra, sponsor menjadi lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang. Keberhasilan event ini juga tidak bisa lepas dari dukungan seluruh Pergola UI,” tambah Rizmansyah.

Galih Ananta Wiratno dan Kathleen Gann menangi Mini Turnamen yang digelar bebarapa sebelum turnamen puncak Pergola UI – Piala Presiden RI ke-18 di Damai Indah Golf, PIk Course, Sabtu 13 Juli 2024.

Sebelum digelar turnamen puncak ini, Pergola UI lebih dahulu menggelar mini turnamen yang diikuti oleh Pergola Muda dan UI Junior. Kendati bersifat kompetisi, mini turnamen ini lebih bersifat pembinaan untuk para pegolf junior dan amatir.

“Sebelum turnamen puncak ini, Pergola UI lebih dahulu menggelar mini turnamen yang diadakan di Soewarna Golf Club, Cengkareng. Turnamen ini sendiri diikuti oleh para mahasiswa,  Pergola Muda dan beberapa pegolf junior. Selain sebagai bentuk pembinaan yang rutin dilakukan oleh Pergola UI, turnamen ini juga untuk memberikan kesempatan latihan bagi para atlet golf di Universitas Indonesia,” kata Ruri Widjaja selaku Sekretaris Pergola UI.

Dalam event ini Pergola UI berhasil donasikan dana senilai Rp25juta untuk Pondok Pesantren Bina Insani Unggul.

Sukses dapatkan banyak sponsor dan melimpahnya hadiah, turnamen Pergola UI Piala Bergilir Presiden RI XVIII Charity Golf Tournament akhirnya dimenangi oleh MSB Said sebagai Best Gross Overall. Sementara untuk Best Poit Overall didapat oleh Mohammad Irsan. Untuk leas Ladies, Anggy S. Gustiza berhasil menjuarai Best Point Ladies.

You May Also Like

More From Author