MST Golf Arena Indonesia: The Psychology of Retail Store Interior Design

4 min read

Akhirnya MST Golf datang ke Indonesia. Berkat kolaborasi Erajaya Active Style gerai retail golf terkemuka yang menaungi pasar golf di Malaysia dan Singapura ini akhirnya menjamah pasar golf di tanah air. Di Malaysia dan Singapura sendiri, MST Golf telah memiliki lebih dari 45 gerai serta menyediakan lebih dari 59 brand golf terkemuka.

Foto: Yongki Hermawan

Ada yang menarik dari gerai ritel pertama yang berlokasi di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini. Memiliki luas ruangan hingga 3000 m2, MST Golf Arena terbagi dalam beberapa sektor. Setelah melalui pintu masuk, Anda akan dihadapkan pada beberapa deretan koleksi hard goods andalan MST Golf. Di sektor ini tata interior berwarna dominan hitam serta didukung dengan pencahayaan yang terang namun tetap hangat berhasil menonjolkan sisi terbaik dari setiap produk.

Foto: Yongki Hermawan

Selain warna hitam sebagai latar belakang serta pencahayaan yang membuat Anda merasa nyaman ketika memilih barang, MST Golf Arena juga berhasil “mengelabuhi” mata pelanggan dengan menonjolkan warna-warna tertentu yang identik dengan brand unggulan mereka. Hal ini bisa dilihat pada koleksi Honma yang terlihat sangat eye catchy. Selain itu, langkah MST dengan tidak memberikan lampu spotlight berlebihan justru membuat beberapa brand terlihat menawan.

Foto: Yongki Hermawan

Langkah kreatif juga dilakukan MST Golf pada sektor apparel dan aksesoris. Sementara jika Anda melihat dari luar, Anda akan secara langsung dapat melihat sebuah gambaran utuh dari koleksi sebuah brand. Namun, berkat kejelian MST menata ruang berhasil menyampaikan gagasan kemewahan terhadap ruang pamer pada sektor apparel mereka. Signifikansi ini didukung dengan peletakan brand-brand utama mereka di titik-titik tertentu.

Foto: Yongki Hermawan

Masih berada di sektor apparel. Kejelian MST untuk tidak “menabrak lari” pola dan warna pada setiap brand juga menjadi poin plus dari sektor ini. Alhasil, Anda akan menyaksikan harmonisasi serta diferensiasi dari keungulan tiap brand sehingga Anda akan merasa seluruh produk di gerai ritel ini menarik.

Foto: Yongki Hermawan

Masuk lebih dalam, pada beberapa spot yang memajang koleksi apparel MST Golf berhasil mengajak pelanggan untuk dapat melihat gambaran umum seluruh area, di sini Anda akan diajak untuk menikmati lebih jauh berbagai koleksi yang ditawarkan oleh MST. Bahkan, di spot ini MST seolah memberikan waktu kepada para pelanggan untuk berkeliling melihat berbagai produk mulai dari asesoris alat golf, kacamata, sepatu, baju, celana, topi hingga pernak-pernik golf lainnya. Termasuk beberapa brand yang sedang dalam masa pengurangan harga.

Foto: Yongki Hermawan

Khusus sektor sepatu, di area ini MST Golf melakukan kesetaraan dengan tidak memberikan highlight khusus pada brand tertentu. Langkah menarik ini akan membuat Anda terasa nyaman ketika melihat, memilih, serta mencoba sepatu golf yang tepat. Pun termasuk peletakan rumput artificial juga akan memberikan simulasi rasa ketika Anda pakai di lapangan.

Nah, setelah puas melihat berbagai koleksi hardgoods dan koleksi apparel terkini di MST Golf Arena, Anda bisa mengksplorasi arena ini menuju area indoor golf simulator dan cafe. Namun, sebelum menuju area simulator, Anda akan menemukan lorong yang dilabur dengan warna netral. Hal ini bisa dimaknai sebagai ruang jeda sebelum memasuki ruang yang lain. Kecerdikan desain interior pada sektor ini juga didukung dengan tata cahaya yang netral sehingga tidak ada tendensi untuk melakukan sesuatu yang serius bagi para pelanggan. Beralih ke area indoor simulator, pada area ini pertemuan warna hitam dan sedikit sentuhan hijau seakan mengesankan ekskulisfitas, modern sekaligus hi tech. Pun termasuk area Golf Fitting Lab juga mengisyaratkan bahwa Erajaya Active Style tak main-main mengucurkan investasi mereka bersama MST Golf.

Foto: Yongki Hermawan
Foto: Yongki Hermawan

Kendati secara keseluruhan MST Golf Arena Indonesia memiliki area yang luas, namun gerai retail golf ini terasa mudah dalam mencari piranti golf yang dibutuhkan. Tanpa mengesampingkan estetika tata interior, langkah MST dengan membagi ruang pamer pada gerai ritel mereka dalam beberapa sektor justru memudahkan dan membuat fokus pada barang yang dituju sehingga pelanggan tidak akan membuang waktu terlalu lama untuk mencari barang yang diinginkan.

Mr Ng Yap, Executive Director dan Group Chief Executive Officer MST Golf Group Berhad selepas melakukan temu media di MST Golf Arena, Jakarta. Foto: Yongki Hermawan

Sebagai fasilitas golf baru, MST Golf Arena Indonesia memahami pentingnya psikologi desain interior dalam menciptakan lingkungan yang ramah, kondusif, dan menguntungkan bagi pengunjungnya. Dengan menggabungkan elemen yang mengedepankan relaksasi serta integrasi fitur-fitur yang mendorong ketenangan, konsentrasi, dan rasa keterbukaan, MST Golf Arena Indonesia berhasil meningkatkan pengalaman pengunjung secara keseluruhan.

 

Teks dan Foto oleh Yongki Hermawan

 

You May Also Like

More From Author