OUR NETWORK

Road To Asian Games 2018

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan se Asia, Indonesia akan tampil sempurna. Namun, beberapa negara lainnya juga tak kalah semangatnya: Malaysia dikabarkan akan memanggil pulang golfer andalan mereka yang berada di Amerika Serikat. Pun dengan India dan Thailand.

Tim golf Indonesia untuk Asian Games 2018 sudah diumumkan.  Salah satu nama pegolf amatir yang sempat mencuri perhatian masyarakat dan media adalah Naraajie Emerald R.P.. Soal prestasi pegolf murah senyum ini juga baru saja memenangkan gelaran Indonesia Golf Tour besutan OB Golf di Damai Indah Golf BSD Course. Menjadi salah satu tumpuan Indonesia untuk meraih medali emas, Naraajie Emerald R.P, Almay Rayhan dan Kevin C. Akbar serta pegolf-pegolf lainnya dipastikan akan tampil luar biasa.

Tim Indonesia Uji Coba di Berbagai Turnamen

Beberapa bulan menjelang Asian Games, berbagai turnamen lokal dimanfaatkan oleh para atlet timnas untuk berlatih sekaligus meningkatkan performa. Beberapa seri turnamen Indonesia Golf Tour adalah salah satu turnamen tersebut. Diselenggarakan persis setelah libur lebaran dan libur Pilkada, Naraajie justru memenangi turnamen ke lima yang diadakan beberapa wktu lalu.

Naraajie dan para pegolf amatir lainnya dikabarkan juga akan berlaga di Indonesia Open yang diadakan di Pondok Indah Padang Golf, bulan juli ini. Turnamen profesional ini akan menjadi ajang uji coba sekaligus momentum untuk beradaptasi merasakan tekanan dalam sebuah turnamen internasional.

Beberapa catatan penting bagi para pegolf amatir ini adalah bahwa meski menjadi tuan rumah serta bermain di kandang sendiri, Pondok Indah Padang Golf bukanlah lapangan yang mudah untuk ditaklukan. Terbukti, pada beberapa turnamen-internasional para pegolf pro Indonesia justru kalah bersaing dengan pegolf-pegolf dari luar negeri. Kendati demikian timnas golf Indonesia bisa memanfaatkan pengalaman atau menimba ilmu dari pegolf amatir Naraajie yang sering berlaga di turnamen-turnamen bergengsi di luar negeri. Salah satu prestasi pegolf muda yang sedang banyak dibicarakan ini adalah menjadi juara dalam turnamen New South Wales (NSW) Amateur yang diselenggarakan di Canberaa, Australia awal tahun 2018 lalu.

Thailand Targetkan Emas

Setelah menyapu bersih raihan medali emas pada ajang Nomura Cup di Kuala Lumpur, timnas Negeri Gajah Putih ini targetkan medali emas di Asian Games 2018.

Dominasi pegolf Thailand di peta Asia memang patut diperhitungkan. Selain terkenal dengan kedisiplinannya , para pegolf ini juga merupakan pejuang tangguh dan tak mudah terprovokasi.

Kammalas Namuangruk, Sadom Kaewkanjana dan Atiruj Winaicharoenchai merupakan pegolf-pegolf amatir Thailand yang baru-baru ini memenangkan kejuaraan Asia-Pacific golf Team Championship dengan menyingkirkan Jepang dan juara bertahan Australia.

Sementara itu, di kelas putri, dengan keahlian yang hampir merata tim putri Thailand juga tak kalah hebatnya. The sister of Moriya Jutanugarn dan Ariya Jutanugarn yang sering bertanding diberbagai turnamen internasional akan menyuguhkan permainan golf yang sayang kalau dilewatkan. Sayangnya sampai berita ini dimuat belum ada rilis resmi apakah dua bersadara ini tampil membela Negeri Gajah Putih.

Sebagai catatan, Thailand mendapatkan medali emas pertama mereka dari cabang olahraga golf pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

India Kirimkan Tujuh Pegolf

Tujuh pegolf amatir India akan menjadi rintangan yang perlu diwaspadai. Dua diantaranya adalah Diksha Dagar dan Aadil Bedi.

Sebelum tampil di Asian Games 2018 di Jakarta, para pegolf yang tergabung dalam Indian Golf Union ini telah menjalani serangkaian seleksi dan turnamen lokal yang bertujuan untuk mendapatkan performa terbaik.  Aadil juga akan bermain di Piala Dunia atau yang lebih dokenal dengan Piala Eisenhower, di Irlandia, Agustus nanti. Pegolf putra ini mengatakan mendapat kehormatan besar untuk tampil di Asian Games.Selain itu, Aadil ada pula Khsitij yang tampil apik di padang golf JP Green & Classic.

 

Secara umum, India adalah salah satu negara dengan prestasi golf yang cukup bersinar. Sebagai gambaran India pernah mendapatkan medali emas di Asian Games pada 1982. Pegolf India yang berhasil mendapatkan podium ini adalah Laksman Sigh serta Rajiv Mohta di posisi kedua. Sementara untuk kelas beregu India juga pernah menyabet emas di tahun yang sama. Pegolf profesional Anirban Lahiri, Gaganjeet Bhullar, Chiragh Kumar dan Joseph Chakala juga pernah mendapat medali emas di tahun 2006. Sementara itu, pada 2010 India berhak mendapatkan medali perak untuk kelas beregu.

Malaysia Berharap Penuh kepada Tujuh Pegolf Muda Mereka

Keikutsertaan Malaysia pada cabang olharga golf di Asian games 2018 akan menjadi tontonan yang menarik bagi publik golf Tanah Air. Sering menjadi musuh bebuyutan tuan rumah pada banyak cabang olahraga, khusus untuk golf, Malaysia Golf Association (MGA) akan mengirimkan pegolf-pegolf muda berbakat mereka seperti  Chan Tuck Soon, Natasha Andrea Oon, Ashley Lau, Winnie Ng, Rhaasrikanesh Kanavathi.

Salah satu pegolf andalan Malaysia yang juga pemenang dari AmBank Sport Internatioan Adam Arif Madzri dikabarkan juga akan tampil di turnamen kali ini. Sementara itu MGA juga tengah memantau perkembangan dari pegolf-pegolf muda berbakat mereka yang berada di luar negeri seperti Gavin Green, Ervin Chang dan Danial Durisic. Sebagai catatan tiga pegolf muda Malaysia yang kini tengah bersekolah di Amerika Serikat ini menyumbangkan emas di ajang Sea Games beberapa waktu lalu.

Apakah Korea Selatan Siap Jadi Juara?

Ada yang menarik pada gelaran Asian games 2018 ini. Dikabarkan bahwa Korea Selatan dan Korea Utara akan melakukan defile bersama di Jakarta pada Asian Games 2018. Korut dan Korsel yang dilaporkan sudah hampir pasti tampil bersama dalam agenda pembukaan nanti, kedua negara ini akan berpawai di bawah naungan bendera unifikasi. 

Dalam dunia golf, Korea Selatan adalah “mesin pencetak” golfer- golfer perempuan. Pun dengan pegolf putra mereka yang juga memiliki kemampuan diatas rata-rata. Bahkan, gelaran turnamen internasioanl selalu ada nama pegolf asal Negeri Gingseng. Jadi, bisa dipastikan bahwa Asian Games 2018 ini kehadiran pegolf-pegolf asal Korea Selatan patut disaksikan. Meski demikian, belum dapat dipastikan apakah masing-masing negara akan mengirimkan perwakilan mereka di tiap cabang olahraga termasuk golf.

 

Sementara itu, kolaborasi kedua negara dalam ajang Asian games 2018 ini akan menjadi bukti nyata bahwa Korea utara dan Korea Selatan, berkomitmen mengawal perdamaian lintas sektor. jadi, bagi Anda yang penasaran apakah pegolf-pegolf terbaik Korea Selatan akan menjadi rintangan berat bagi negara-negara lainnya. Tunggu beritanya hanya di Golfmagz!.

OB Golf – Foto Spesial

Comments